Pertanyaan
Enam bulan lalu saya mengecat bangunan sisi rumah saya dengan warna pink, namun saat ini warna itu telah berantakan menjadi beberapa jenis (ada warna merah dan kuning). Lagi pula timbul retak-retak kecil pada plesteranya, mohon sarannya. (Gunawan – Semarang)

Jawaban
Yang jelas retak-retak kecil /retak rambut disebabkan karena adonan plesteran yang di pakai saat itu kurang pas, sehingga dalam kurun waktu tertentu timbul retak-retak seperti itu.

Saat itu pula bapak keliru memilih jenis cat temboknya. Sesuai dengan gejalanya bapak telah menggunakan cat interior (dalam ruang) untuk exsterior (luar ruang). Sehingga mengakibatkan warna-warna itu terurai karena tidak tahan sinar matahari

Cara mengatasinya cat ulang namun terlebih dahulu gunakan plamir semen putih yang di campur warna cat yang akan bapak gunakan, untuk retak rambut (plamir tipis-tipis saja)

Baru kemudian finishing dengan cat eksterior yang sesuai warnanya dengan campuran warna plamir tersebut, minimal dua lapis sebagaimana orang mengecat biasa