Indana Paint - 2013 11 Kampung Hijau Decofresh - Purwantoro 04

PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana), produsen cat Decofresh kembali melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud kepedulian pada masyarakat. Bersama warga RW 23 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing Decofresh menggelar Jalan Sehat Kampung Hijau, Minggu pagi (10/11) kemarin.

Vice President PT Indana, Steven A. Sugiharto menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian CSR Decofresh untuk warga. “Kelurahan Purwantoro ini sebagai salah satu binaan Decofresh untuk mewujudkan Kampung Hijau. Rangkaian acaranya sebelum jalan sehat ada beberapa, misalnya pengecatan tembok di sudut gang dan rumah warga, lomba untuk anak TK, serta penyediaan tempat sampah di RW 23 ini,” ujarnya kepada Malang Post.

Menurutnya, RW 23 Kelurahan Purwantoro ini merupakan kampung pertama yang menerima CSR dalam program Kampung Hijau, dan menjadi satu-satunya penerima program serupa di tahun ini. Program CSR Kampung Hijau ini akan berlanjut tahun depan, namun masih belum diketahui wilayahnya. Tergantung dari permintaan yang masuk pada manajemen Decofresh, lalu setelah ditinjau layak atau tidak menerima program tersebut.

“Begitu pula yang terjadi di tempat ini, prosesnya sebelum pertengahan tahun ini. Decofresh baru bisa merealisasikannya di bulan ini, karena kami juga tertarik mengembangkan Kampung Hijau untuk melestarikan lingkungan, dan tempat ini adalah pilot project,” bebernya kepada Malang Post.

Dia melanjutkan, program CSR seperti ini menjadi sarana efektif untuk mengenalkan produk Decofresh secara lebih luas. Selain itu, selama ini Decofresh juga dikenal peduli pada sekolah, tempat ibadah hingga panti asuhan yang dibuktikan dengan menyambangi tempat tersebut, baik membantu pengecatan maupun sumbangan lainnya. Menurut Steven, dua tahun belakangan branding melalui CSR terbukti membantu masyarakat untuk mengenal Decofresh.

“Tahun ini sales dari Decofresh telah melewati target dan menduduki peringkat 3 dari keseluruhan penjualan di Pulau Jawa. Sementara setahun sebelumnya masih belum masuk 5 besar. Padahal, CSR Decofresh ini baru kami gencarkan 2 tahun belakangan, dan peningkatannya 50 persen di tahun ini,” tandasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga mendukung dari program yang telah dikerjakan oleh warga di kampung tersebut. Sebelumnya, warga telah berlomba dalam tingkat RT untuk menunjukkan keasrian rumah, sehingga tidak heran di setiap rumah warga pasti terdapat tanaman hias. Baik itu didinding maupun di teras rumah. Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro, Bambang Irianto menyebutkan, kampungnya memang telah melaksanakan program peduli lingkungan sejak beberapa tahun terakhir.Bahkan, salah satu cara efektif untuk menyukseskan program tersebut, setiap pengajuan permohonan surat apapun yang masuk pada tingkat RT/RW, warga harus mampu membuktikan telah mendukung program penghijauan di sekitar rumah. “Walaupun gang, dan lahannya terbatas, terbukti mampu menghijaukan kampung,” jelas Bambang.

Sementara dalam Jalan Sehat Kampung Hijau kemarin sebanyak 1200 tiket jalan sehat terjual, dan tampak warga RW 23 antusias dengan mengenakan seragam berwarna hijau persembahan dari Decofresh pula. Setelah berjalan sekitar 5 kilometer, warga dihibur elektone sembari menunggu pengundian kupon yang berhadiah utama lemari es. (ley/nug)

Dikutip dari Malang Post