indana-pertama-gunakan-mesin-swiss

PT. Inti Daya Guna Aneka Warna (lNDANA) Kota Malang, Jawa Timur, pabrikan cat merk Decofresh, kian ekspansif. Setelah memantapkan diri menjadi anggota American Coating Assosiation (ACA), INDANA bakal menjadi satu-satunya pabrikan cat ditanah air yang menggunakan mesin powder in take system kelas dunia dari Swiss merek Buhler. Mesin yang memiliki tangki berkapasitas 5 ton tersebut akan mampu meningkatkan produksi lndana menjadi lebih dari 20 ton per hari. Selain canggih karena dioperasikan secara digital, mesin tersebut juga sangat ramah lingkungan dan tidak menimbul kan polutan berupa debu.

Vice President INDANA. Steven A. Sugiharto, mengatakan dengan mesin baru dari Swiss tersebut produksi cat akan meningkat tajam jika dibandingkan dengan mesin sebelumnya yang hanya berkapasitas tidak lebih dari 1 ton per hari. “Selain mendatangkan mesin dari Swiss. kami juga melakukan pengembangan terhadap kapasitas pabrik dengan membangun gedung produksi di atas lahan seluas lebih dari 2.000 meter yang berada di sisi barat gedung produksi sebelumnya.” kata Steven. Saat ini gedung produksi yang baru berikut mesin sudah siap berproduksi. Pemasangan mesin yang melibatkan tim dari Buhler Singapura dan Buhler Indonesia tersebut sudah mendekati penyelesaian. Mesin yang berada di sudut selatan gedung akan terintegrasi dengan laboratorium yang terdiri dua lantai dan berada di sisi timur. lndana memang tengah berobsesi untuk menjadi pabrikan cat asal Malang yang memiliki reputasi nasional. “Kami ingin menjadikan lndana sebagai kebanggaan Kota Malang serta menjadi pusat riset, pendidikan dan pelatihan industri coating.” jelas dia.

Harapannya sebelum lebaran mendatang. lndana sudah bisa berproduksi dengan menggunakan mesin baru tersebut. Lebaran merupakan momen yang dinanti menyusul tingginya kebutuhan akan cat di pasaran. Keberadaan mesin baru tersebut juga akan mendukung langkah ekspansi yang telah dilakukan lndana baru-baru ini dengan merambah pasar di Medan Sumatera Utara. Dan respons pasar akan kebutuhan cat di wilayah Medan dan sekitamya juga diakui tinggi. “Dengan ditopang mesin baru yang memiliki kapasitas produksi yang tinggi. akan memungkinkan bagi kami untuk memenuhi tingginya kebutuhan akan cat di pasaran,” tambahnya. Apalagi lNDANA juga mulai menyasar pasar untuk cat yang tidak hanya kelas bawah dan menengah. namun saat ini juga meluncurkan produk cat untuk kalangan premium atau atas.

33 Tahun dan Terus Berkembang

Perkembangan lNDANA dari tahun ke tahun terus melesat. Berawal dari sebuah home industri yang memulai operasinya pada 1981 di sebuah tempat kontrakan di Kota Batu. Jawa Timur. dengan produk saat itu Thinner B dan Afduner. Bahkan modal awal perusahaan kala itu sepenuhnya merupakan modal pribadi keluarga Djoyo Sugiharto. Dari usaha kecil tersebut kemudian pada 1983 pusat kegiatan INDANA dipindahkan ke Jalan Letjen Sutoyo 130 Kota Malang. Di lokasi baru, produk yang dihasilkan lantas berkembang menjadi semen wama, kalkarium, plarnir tembok, flinkote, dan cat tembok. Dalam perkembangannya bisnis keluarga tersebut semakin berkembang pesat dan menjadi dorongan atas kemajuan perusahaan secara global. Lokasi perusahaan di Letjen Sutoyo dirasa menjadi semakin sempit dan tidak memadai. Makin besamya permintaan pasar akan produk-produk dari lNDANA dan karena pertimbangan akan masa depan perusahaan. akhimya pada 1990 lokasi penrsahaan pindah ke Jalan Laksda Adi Sucipto 456 Kota Malang.

Di lokasi yang saat ini menjadi pusat produksi lNDANA tersebut kapasitas produksi terus meningkat. investasi dan pengembangan pabrik merupakan upaya perusahaan untuk menjawab tantangan pasar. “Saat ini perusahaan makin berkembang. Kami juga dituntut untuk tenis berinovasi. itu sebabnya menjadikan kami untuk mengembangan perusahaan melalui anak perusahaan yang kami miliki. Aneka produk lNDANA yang diproduksi di Kota Malang terus merambah pasar cat nasional.” lanjut dia. Anak perusahaan tersebut adalah PT Rexton Indocoating yang berada di Jalan Karya Timur Kota Malang. Dexa Paint di Jalan Widorokarang Karang Anyar Solo, Jawa tengah, dan PT Belmont Paint Indonesia di Jakarta.

Saat ini jaringan pemasaran lNDANA untuk wilayah nasional meliputi Jawa, Bali. Kalimantan. Sulawesi. Madura. Lombok, Nusa Tenggara Barat dan pengembangan wilayah terus dilakukan ke pulau-pulau lainnya di lndonesia. Dengan dibukanya beberapa depo distribusi di beberapa kota besar di lndonesia akan memberikan pelayanan pengiriman barang yang lebih cepat kepada para pelanggan. “Pada prinsipnya perusahaan lebih menitikberatkan pada kualitas pelanggan daripada kuantitas. karena itu diperlukan survey pendahuluan sebelum menjadi menjadi pelanggan perusahaan.” singgungnya. Tujuannya agar di kemudian hari bisa terjalin hubungan bisnis yang jelas dan saling menguntungkan berdasarkan prinsip-prinsip yang telah dipahami bersama.

Produk yang Kompetitif

Produk utama yang dihasilkan lNDANA meliputi cat tembok. cat sintetis, cat dekoratif. cat genteng, piamir, cat dasar dan produk wood coating. Dan produk terbaru lNDANA pada 2014 adalah Decofresh Stainproof dan Decofresh Premium. Bagai kumpulan bunga yang sedang mekar, setiap kemasan produk lNDANA telah diperbarui kemasannya; semua upaya itu dilakukan untuk menunjang bidang pemasaran dan membangun image perusahaan secara utuh. Begitu juga dengan kualitas produk. selain menjamin stabilitas kualitas produk. riset yang simultan tenis dilakukan untukmencari segala kemungkinan pengembangan produk.

Saat ini PT. Inti Daya Guna Aneka Warna (lNDANA) menjalin hubungan bisnis dengan ribuan pelanggan. Semuanya dikelola secara terpusat untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ada di pemsahaan. Setiap pelanggan telah melalui proses seleksi standar. dimulai dari survey, observasi sampai menjadi pelanggan tetap yang saling menguntungkan.”Kami sadar bahwa masing-masing pelanggan menuntut pelayanan yang ekslusif, untuk itu kami telah mengelompokkan pelanggan kami ke dalam beberapa segmen yakni platinum, gold dan silver. sesuai dengan kontribusinya pada perusahaan.” urai dia. Guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan memperpendek waktu pengiriman barang ke para pelanggan. lNDANA akan segera merealisasikan pembukaan unit distribusi di beberapa daerah.

Selain itu untuk menampung dan mendengarkan suara para pelanggannya lNDANA telah menyediakan saluran telepon bebas pulsa (free call) dengan nomor 0800.1401.456. Dengan dukungan sistem komunikasi canggih dan perkem bangan perangkat lunak komputer. lNDANA juga sedang mengembangkan sistem komunikasi yang selangkah lebih maju dan lebih ramah yang bakal diterapkan ke customer care. Perkembangan teknologi informasi dan juga perkembangan bisnis baik secara nasional maupun intemasional tidak luput membawa pengaruh pula pada perkembangan bisnis lNDANA. Pada pertengahan 2000 lNDANAtelah meluncurkan website-nya. Dua tahun setelah peluncuran websitenya lNDANA berhasil melakukan realisasi eksport perdananya ke Amerika Serikat. (ADV)

Indana Paint Datangkan Mesin Swiss - 050514