Untuk mengubah suasana sebuah ruang belumlah lengkap tanpa diiringi dengan pewarnaan yang tepat, pada dinding, plafond, kusen pintu dan jendela termasuk furniture dan lantai, dan tentunya pemilihan masing-masing elemen tersebut harus disesuaikan dengan fungsi yang serasi dengan design ruang tersebut. Guna mendapatkan hasil terbaik dari proses pengecatan, baik sekedar untuk melapisi dinding atau untuk mendekorasi bagian lain, anda tidak perlu keahlian khusus tetapi yang perlu anda pahami adalah jenis cat, serta tehnik pengecatan sederhana.

Secara umum jenis cat terbagi dalam kategori minyak dan air, cat minyak biasanya berkesan mengkilat jika kering dan larut jika terkena spirtus putih, sedang cat berbahan air akan larut dengan air, serta dapat memberi hasil mengkilap tapi juga tidak disaat kering. Selain itu ada juga cat yang memiliki bahan tambahan seperti vynil, acrylic atau polyurethane dengan tujuan untuk memberikan kesan lebih tebal dan juga lebih tahan lama.

ada beberapa tehnik dalam pengecatan seperti sponging dan ranging, itu adalah cara termudah dan yang biasa dipakai untuk mendapatkan semua efek pengecatan, misalnya untuk mendapatkan penggabungan dua warna, baik yang memberi kesan kontras, halus atau buram sekalipun.