Seperti pembenahan lingkungan rumah diantaranya halaman dan ruangan dalam rumah, terutama ruang tamu dan ruang keluarga. Dalam rangka itulah pembenahan yang paling sederhana adalah dengan mengecat ulang dinding ruangan-ruangan yang ada, terlebih pada dinding interior rumah kita.

Kegiatan mengecat ulang dinding ruangan rumah kita dapat berjalan dengan lancar apabila telah terencana dengan baik dan tidak terburu-buru. Dengan infentarisir peralatan dan bahan-bahan terlebih dahulu, diantaranya :

  •  Mengenali dan memilih Cat yang diinginkan
  • Tentukan tema dan perpaduan warna sesuai dengan element interior yang ada
  • Persiapkan peralatan-peralatan yag diperlukan  (misal: roll besar/kecil, amplas, kuas dll)

Setelah semua peralatan diatas terinfentarisir, kita siap melangkah ke tahap berikutnya yaitu Persiapan Permukaan Media. Hal ini sangat penting dilakukan karena 70% keberhasilan pengecatan ditentukan oleh bagaimana kita mempersiapkan permukaan media dengan baik sehingga dapat diperoleh hasil pengecatan yang memuaskan.

Persiapan Permukaan Media Pengecatan

Dinding Baru

  • Pastikan kondisinya benar-benar kering (perlu waktu  ± 3 minggu setalah dinding di aci). Gunakan kertas lakmus untuk mengukur PH (± 9) dan kadar airnya menunjukkan<19%
  • Bersihkan permukaan dari sisa acian untuk membebaskan dinding dari debu, semprotkan air bertekanan tinggi, andaikan ada noda minyak bersihkan dengan detergent lalu bilas dengan air bersihkan dan keringkan.
  • Lapisi dinding dengan cat dasar Alkali Resisting Primer berbasis air.
  • Cat dasar ini bertujuan membentengi cat finishing dari garam-garam yang dihasilkan reaksi semen      pada tembok.
  • Untuk bagian dinding yang retak, berlubang atau tidak rata, gunakan plamir diamkan beberapa hari,  bila keretakan lebih dari 0,5 gunakan campuran Mortar atau Joint Compund, amplas dan bersihkan      dari debu, biarkan kering.
  • Penggunaan plamir harus seminim mungkin, hindari plamir pada seluruh permukaan dinding agar daya lengket Cat tidak berkurang.

Dinding Lama

  • Bersihkan permukaan dari sisa cat yang mengelupas dengan kape, detergent untuk yang   berminyak  dan biarkan kering.
  • Gunakan Cat dasar Alkali Killer berbasis solvent / minyak, biarkan kering.
  • Untuk hilangkan lumut secara efektif, dpt menggunakan campuran air dan pemutih pakaian (3:1)

 

Pelaksanaan Pengecatan

  1. Untuk menghindari cat berlebih, hitung kebutuhannya dengan menghitung luas dinding dibagi dengan kemampuan sebar cat yang biasa tertera pada spesifikasi produknya.
  2. Siapkan Cat Utama, aduklah terlebih dahulu, tuang ke ember sesuai kebutuhan.
  3. Lakukan pengecatan dengan roll dimulai dari sisi paling atas, bila ingin me-recoat ( lapis ke-2)      biarkan terlebih dahulu.
  4. Untuk pengenceran sesuaikan dengan spesifikasi biasanya ± 20-30 %.
  5. Dalam penentuan warna, kombinasikan warna-warna sesuai dengan kreativitas kita, karena      masing-masing individu berbeda.

Dengan langkah-langkah tersebut di atas, maka dapat dipastikan akan diperoleh hasil yang terbaik untuk rumah kita.