Pertanyaan :

Saya mempunyai rumah tua yang akan saya cat. tetapi permasalhannnya tembok nya sudah pada rontok (sebagian) adakah tips untuk mengecat tembok tersebut tanpa keluar biaya banyak?(tempok menggunakan campuran semen dan kapur)

Jawaban :

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Bapak di Website kami, kembali ke persoalan tentang rumah Bapak yang sudah sangat tua dan masih terawat. Beberapa saran dari kami adalah:

  1. Benahi Tembok-tembok yang ambrol kemudian diplester yang rapi, tentu saja termasuk aciannya. Dalam pengerjaan plesteran jangan gunakan kapur lagi, biarkan plesteran dan aciannya sampai benar-benar kering.
  2. Hilangkan debu dan kotoran yang melekat pada keseluruhan dinding. Andai sudah tumbuh jamur amplaslah dengan kertas amplas, gunakan sedikit kaporit atau pemutih baju.
  3. Gunakan Waterproofing untuk keseluruhan permukaan dinding dengan pengenceran maksimum 50%. Kerjakan dengan pengenceran memakai kuas hingga rata (diakui harga mahal), namun dengan pengenceran begitu besar harga jadi lebih murah.
  4. Untuk perbaikan daya serap permukaan, Bapak dapat menggunakan Plamir Tembok, dikerjakn merata dan jangan terlalu tebal. Biarkan sampai kering total.
  5. Finishinglah dengan cat tembok sesuai dengan keinginan.
  6. Selesai dan Selamat mengerjakan , Semoga Sukses.