Corporate Social Responsibility adalah sebuah kewajiban yang dibebankan pada Perseroan Terbatas melalui Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Pasal 74 ayat (1) UU 40 tahun 2007 ini menjelaskan “Perseroan yang menjalanjan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam, wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Dengan adanya Undang-Undang ini, industry atau korporasi-korporasi wajib untuk melaksanakannya, namun kewajiban ini bukan merupakan suatu beban yang memberatkan. Pembangunan suatu negara tidak hanya tanggung jawab pemerintah dan industri saja. Diperlukan kerjasama dengan seluruh masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan sosial dan pengelolaan kualitas hidup masyarakat. Perusahaan berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang sehat dengan mempertimbangkan faktor lingkungan hidup. Saat ini dunia usaha tidak hanya memperhatikan keuntungan yang didapatkan, namun juga harus memperhitungkan aspek sosial, dan lingkungan. Ketiga elemen inilah yang kemudian bersinergi membentuk konsep pembangunan berkelanjutan.

Corporate Social Responsibilities adalah sebuah wujud kepedulian perusahaan kepada lingkungan sekitamya. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial. Pewajiban perusahaan untuk menyelenggarakan Corporate Social Resposibilities tergolong bani, yaitu dengan diundangkannya UU No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Sebenamya bagaimanakah sejarah CSR terbentuk? Dan bagaimanakah pelaksanaannya di Indonesia? Hal tersebut menarik perhatian penulis untuk menuliskannya dalam makalah berjudul “Corporate Social Responsibility, Sebuah Kepedulian Perusahaan terhadap Lingkungan di Sekitamya”. Diharapkan melalui tulisan ini dapat memperluas wawasan pembaca tentang Corporate Social Responsibilities

Kampung Warna Warni di Kota Malang

Very Fadlli, Marcom dan Project Indana, produsen cat tembok menyatakan butuh dua ton cat warna warni untuk mewarnai kampung di tiga RT di Kelurahan Jodipan Kota Malang. “Lebih dari 15 warna yang dicatkan di sini,” ungkap Very.

read more

Jalan Sehat Decofresh – Jember

PT.INDANA sukses menggelar acara Jalan Sehat Bersama Decofresh di Alun-Alun Kabupaten Jember pada tanggal 19 April 2015 kemaren.Dihadiri oleh Muspida Kab.Jember dan Kapolres serta 10.000 lebih peserta jalan sehat

read more

Workshop Motif Wallpaper Matos

Pameran Sejuta Rumah, Villa dan Apartemen yang akan berlangsung sampai tanggal 2-5 April 2015 di Hall Utama Matos ini menawarkan untuk lokasi Malang Kota, Malang Kabupaten, dan Kota Batu.

read more

Pameran Motif Metaliqua MOG

Acara yang berlangsung pada tanggal 19 – 22 Februari 2015 di Hall utama MOG ini mengangkat tema IMLEK. Cat Metaliqua yang memang berciri khas warna emas menjadi pusat perhatian para pengunjung pameran.

read more

CSR Ponpes & Sekolah An Nuuru

PT. INDANA sebagai produsen cat di Kota Malang, baru-baru ini menggelar pengecatan di ponpes dan sekolah di daerah Kab.Malang. Dalam acara ini PT. INDANA dibantu oleh KODIM 0818 Kab. Malang sebagai pelaksana

read more

Bakti Museum Brawiaya

Steven A Sugiharto memberikan secara simbolis kepada Kol.Inft.Izmi Harun,S.sos pada gelaran bantuan cat dan bantuan pemasangan panel gapura pintu masuk di Museum Brawijaya Malang.

read more

Kampung Hijau Decofresh – Sukun

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menjadikan Kota Malang bersih dan hijau, PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana), produsen cat Decofresh kembali melakukan Corporate Social Responsibility (CSR)

read more